Pages

Selasa, 26 Januari 2016

Pengertian Diagram,Tabel dan Grafik


Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram. Dalam membuat karya ilmiah biasanya kita dituntut untuk dapat menyajikan data secara gamblang atau jelas. Data berupa angka-angka akan sangat sulit tentunya untuk disajikan dalam bentuk paragraf. Oleh karenannya kita perlu menggunakan fungsi tabel, grafik, ataupun diagram untuk mendapatkan data secara cepat dan akurat. Dan sebelum kita belajar menggunakannya alangkah lebih baiknya jika kita pelajari terlebih dahulu apa sih yang dimaksud tabel, diagram, dan grafik.

Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Baris dan kolom ini berfungsi untuk menunjukkan data terkait keduanya. Dimana titik temu antara baris dan kolom adalah data yang dimaksud.

Grafik adalah gambaran dinamika data yang ada (bisa naik, turun, atau naik turun. Awal yang harus kita lakukan dalam membaca data pada grafik adalah dengan melihat judul grafik kemudian baru melihat data yang ada. Ada banyak macam grafik diantaranya adalah grafik batang dan grafik garis.

Diagram adalah gambaran tentang suatu data yang lebih memntingkan hasil penelitian. Biasanya diagram diurutkan dari data sedikit ke banyak atau sebaliknya. Berbeda dengan grafik yang lebih mementingkan dinamika pada data yang disajikan. Diagram ini dapat berupa diagram lingkaran ataupun diagram batang.

Data yang disajikan di dalam tabel, grafik dan diagram ini dapat kita sajikan atau kita rubah ke dalam bentuk kalimat atau paragraf dengan memperhatikan data yang ada. Berikut ini langkah-langkah untuk membaca tabel, grafik, dan diagram.

Baca judul.
Membaca informasi data yang disajikan dengan memperhatikan baris dan kolom yang ada.
Mengajukan pertanyaan.
Menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan data yang ada.

Demikianlah sedikit pengertian tentang tabel, diagram, dan grafik. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://m.facebook.com/www.bahasaku.co.id/posts/169038999951621

1 komentar:

  1. Halo albi, nice pos!
    Btw, jangan lupa kunjungi blog saya di: tebeabsurd.blogspot.com
    Terimakasih!

    BalasHapus